Akademik

Peraturan Akademis

PEDOMAN PENILAIAN DAN KENAIKAN KELAS

MURID SMA ISLAM AL AZHAR 1 JAKARTA

TAHUN PELAJARAN 2014/2015

 


A.     Pedoman Umum

 

       I.            kelas XII :

  1. Nilai harian diambil tiap-tiap nilai ulangan per KD.
  2. Dalam pelaksanaannya setiap tes boleh lebih dari satu KD.
  3. Nilai kognitif dan psikomotor ditulis dalam bentuk angka 0 - 100.
  4. Nilai afektif berdasarkan penilaian tiap-tiap guru bidang studi dinyatakan dalam huruf yang merupakan konversi dari nilai dengan rentang.

a.       A   : Amat Baik , rentang nilai 91 - 100

b.      B   : Baik , rentang nilai 76 - 90

c.       C   : Cukup , rentang nilai 61 - 75

d.      K   : Kurang , rentang nilai di bawah 60.

  1. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) ditentukan oleh tim bidang studi berdasarkan analisis KKM sebelumnya .
  2. Setiap KD diperkenankan memiliki KKM yang berbeda.
  3. KKM mata pelajaran minimal 80.
  4. KKM dalam rapot merupakan nilai rata-rata KKM setiap SK.
  5. Penilaian kognitif diambil dari tugas, ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester / ulangan kenaikan kelas.
  6. Susulan Ulangan Harian diberikan kepada murid yang tidak hadir pada saat ulangan dengan dibuktikan oleh surat keterangan yang jelas dari orang tua/dokter/institusi yang terkait.
  7. Susulan Ulangan Harian selambat-lambatnya dua minggu setelah waktu tes. Jika melewati tanggal yang ditentukan murid tidak mengikuti tes, maka nilai siswa tersebut = nol.
  8. Murid-murid yang nilai ulangannya tidak mencapai KKM wajib mengikuti pembelajaran remediasi dari guru yang bersangkutan sebelum mengikuti tes ulang.
  9. Untuk dapat mengikuti ujian semester, kehadiran tatap muka per bidang studi minimal 85 %, kecuali bagi murid yang sakit, mengikuti olimpiade /lomba, dan melaksanakan ibadah umroh/haji.
  10. Pada Ujian Tengah Semester, apabila ketercapaian KKM kurang dari 50 % dari jumlah murid kelas paralel, maka murid berhak mendapatkan remedial setelah mendapatkan remediasi dari guru bidang studi.
  11. Pada Ujian Semester / Ujian kenaikan kelas tidak ada remedial bagi murid yang memperoleh nilai kurang dari KKM.
  12. Untuk  nilai psikomotor dalam rapot merupakan nilai rata-rata SK.
  13. Untuk  nilai Afektif dilakukan dengan pengukuran skala sikap terhadap mata pelajaran yang diajarkan.
  14. Nilai rapor dirumuskan sebagai berikut :

  NR = (NT +  6NUH  +  2NUTS + 3NUS )

12

 Keterangan :

NR      = Nilai Raport

NT       = Rata-rata Nilai Tugas

NUH   = Rata-rata Nilai Ulangan Harian

NUTS  = Nilai Ujian Tengah Semester

NUS    = Nilai Ujian Semester / Ujian kenaikan kelas

 

 

 

 

    II.            kelas X dan XI :

  1. Nilai harian terdiri dari penilaian aspek sikap (afektif), pengetahuan(kognitif) dan keterampilan (Psikomotor).
  2. Nilai Afektif, kognitif dan psikomotor sebelum proses rapot ditulis dalam bentuk angka 0 – 100.
  3. Nilai afektif di ambil berdasarkan 4 teknik penilaian yaitu :

a.       Observasi

b.      Penilaian diri

c.       Penilaian antar peserta didik

d.      Jurnal

  1. Penilaian afektif tiap mata pelajaran dilakukan minimal setiap KD satu kali.
  2. Indikator sikap yang diukur pada aspek afektif adalah meliputi perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif.
  3. Kriteria nilai aspek sikap adalah sebagai berikut :

Kriteria

Skor

Nilai Kuantitatif

Indikator

Sangat Baik (SB)

4

80 - 100

Selalu terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah

Baik (B)

3

70 - 79

Sering terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah

Cukup (C)

2

60 - 69

Kadang-kadang terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah

Kurang (K)

1

< 60

Tidak pernah terlihat sikap yang baik dalam pergaulan dengan warga sekolah

 

  1. Nilai minimal tuntas untuk skala sikap(afektif) adalah Baik (B)
  2. Penilaian kognitif dapat diambil dari nilai tugas, ulangan harian, tes lisan, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester / ulangan kenaikan kelas.
  3. Dalam pelaksanaan tes aspek pengetahuan setiap tes boleh lebih dari satu KD.
  4. Nilai harian pada aspek kognitif dapat diambil dari nilai ulangan per KD.
  5. Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) aspek pengetahuan adalah B - (75 - 79)
  6. KKM KD setiap mata pelajaran memiliki  rentang 78-84.
  7. Susulan Ulangan Harian diberikan kepada murid yang tidak hadir pada saat ulangan dengan dibuktikan oleh surat keterangan yang jelas dari orang tua/dokter/institusi yang terkait.
  8. Susulan Ulangan Harian selambat-lambatnya dua minggu setelah waktu tes. Jika melewati tanggal yang ditentukan murid tidak mengikuti tes, maka nilai siswa tersebut = nol.
  9. Murid-murid yang nilai ulangannya tidak mencapai KKM wajib mengikuti pembelajaran remediasi dari guru yang bersangkutan sebelum mengikuti tes ulang.
  10. Untuk dapat mengikuti ujian semester, kehadiran tatap muka per bidang studi minimal 85 %, kecuali bagi murid yang sakit, mengikuti olimpiade/lomba, dan melaksanakan ibadah umroh/haji.
  11. Pada Ujian Tengah Semester, apabila ketercapaian KKM kurang dari 50 % dari jumlah murid kelas paralel, maka murid berhak mendapatkan remedial setelah mendapatkan remediasi dari guru bidang studi.
  12. Pada Ujian Semester / Ujian kenaikan kelas tidak ada remedial bagi murid yang memperoleh nilai kurang dari KKM.
  13. Nilai rapor untuk aspek kognitif dirumuskan sebagai berikut :

 

NR = (NT +  6NUH  +  2NUTS + 3NUS )

      12

 Keterangan :

NR      = Nilai Raport

NT       = Rata-rata Nilai Tugas

NUH   = Rata-rata Nilai Ulangan Harian

NUTS  = Nilai Ujian Tengah Semester

NUS    = Nilai Ujian Semester / Ujian kenaikan kelas

 

  1. Konversi nilai pada ranah kognitif  adalah sebagai berikut :

INTERVAL

HASIL KONVERSI

PREDIKAT

96 - 100

4.00

A

91 - 95

3.66

A-

85 - 90

3.33

B+

80 - 84

3.00

B

75 - 79

2.66

B-

70 - 74

2.33

C+

65 - 69

2.00

C

60 - 64

1.66

C-

55 - 59

1.33

D+

<  54

1.00

D

 

  1. Konversi dilakukan setelah proses nilai rapot selesai.
  2. Untuk  nilai psikomotor dalam rapot merupakan nilai rata-rata setiap KD.
  3. Nilai psikomotor dapat berupa rata-rata dari nilai praktik, Projek dan nilai portofolio.

B.     Pedoman Khusus:

  1. Kriteria  Umum kenaikan X ke XI dan XI ke kelas XII:

a.       Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran berjalan

b.      Nilai kenaikan kelas diambil dari nilai raport semester 2.

c.       Tidak ada nilai C pada aspek kognitif , afektif, dan psikomotor lebih dari 3 mata pelajaran.

d.      Tidak ada nilai afektif yang bernilai Kurang (K) .

e.       Nilai kognitif dan psikomotor  untuk bidang studi PAI dan Al-Qur’an tidak boleh kurang dari B-.

 

  1. Kriteria kelulusan kelas XII :

a.       Kelulusan kelas XII mengacu kepada peraturan yang dikeluarkan oleh  Kemendiknas ( untuk Ujian Nasional )

b.      Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam dua semester pada tahun pelajaran berjalan.

c.       Lulus ujian sekolah dengan rata - rata 75 .

d.      Berkepribadian baik

e.       Khusus untuk mata pelajaran Agama dan Al Qur’an  harus mencapai nilai kelulusan minimal 80.

 

Best Student

    SMA Islam Al Azhar 1

    • Jl. Sisingamanagraja, Keb Baru
    • Jakarta Selatan,Indonesia
    • Telp. (021)7200159
    • Email
      • smaalazhar1@gmail.com